Universitas Sintuwu Maroso (UNSIMAR) adalah perguruan tinggi pertama di Kota Poso. Didirikan pada tahun 1986, yang dilandasi oleh kesadaran akan pentingnya pendidikan tinggi bagi sumber daya manusia yang dimiliki bumi sintuwu maroso pada masa itu demi memajukan daerah dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia menjadi lebih berdaya guna. Dengan bermodalkan semangat dan motivasi yang murni demi perkembangan pendidikan, maka Univeritas Sintuwu Maroso hadir di kota Poso dengan dilantiknya Rektor UNSIMAR yang pertama Drs. R.P. Marto Herlan Koeswandi oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi pada tanggal 15 September 1986, ini berarti dimulainya perjuangan UNSIMAR sebagai perguruan tinggi untuk mengemban tri dharmanya bagi masyarakat di Kabupaten Poso.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, UNSIMAR juga terus berupaya melakukan perbaikan diberbagai bidang. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yaitu para tenaga pendidik untuk menempuh pendidikan Doktoral (S-3). Saat ini UNSIMAR memiliki lebih dari 105 orang dosen berkualifikasi magister dan doktor dari berbagai perguruan tinggi terkemuka baik di dalam maupun luar negeri.

Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso (YPSM), UNSIMAR kini menjadi mitra berbagai Perguruan Tinggi terkemuka baik di dalam maupun luar negeri dibidang pendidikan, riset dan pengabdian pada masyarakat. Pada tahun 2017 ini UNSIMAR melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri Malaysia yaitu UTHM dan UUM. Selain itu, berbagai kerjasama lainnya juga dilakukan dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Dengan visi Terwujudnya Unsimar sebagai Perguruan Tinggi yang berdaya saing Nasional dan bermartabat pada tahun 2031, UNSIMAR terus meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh program studi yang dimilikinya. Ini bertujuan untuk menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas dan berkompetensi di bidangnya masing-masing, dan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Indonesia dan Kabupaten Poso secara khusus. Saat ini institusi dan seluruh program studi di UNSIMAR telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Indonesia. Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi UNSIMAR sebagai perguruan tinggi swasta di Sulawesi Tengah yang telah mampu menyamakan derajatnya dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Ditunjang sarana dan prasarana yang terus dikembangkan, proses pendidikan di UNSIMAR bersaing dengan perguruan tinggi yang lainnya. Hal ini terbukti dengan diberikannya alokasi beasiswa BIDIKMISI bagi UNSIMAR sejak tahun 2012 hingga saat ini. UNSIMAR optimis visi yang telah dirumuskan ini dapat dicapai dan melalui UNSIMAR akan terus dihasilkan alumni-alumni, kaum akademis yang dapat berkontribusi nyata bagi bangsa dan masyarakat lewat karyanya ditengah masyarakat.