Poso Kota - Sebanyak 20 orang mahasiswa Universitas Sintuwu Maroso Poso (UNSIMAR) Poso mengikuti pelatihan bela negara yang dilaksanakan di markas Batalion Yonif 714/SM di desa Maliwuko, kecamatan Lage. Kegiatan yang digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 13 berakhir MInggu (16/11) kemarin merupakan tindak lanjut dari komitmen pihak Unsimar dengan Batalion 714/SM yang dituangkan dalam MoU tentang pembentukan karakter bela negara.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini secara resmi ditutup Minggu (16/11) oleh Komandan Batalion 714/SM Mayor Inf. Sandy Kamidianto. Dalam upacara penutupan pelatihan bela negara yang diikuti semua peserta pelatihan dan dihadiri langsung oleh Rektor Unsimar, Kisman Lantang dan didampingi Wakil Rektor III Bid Kemahasiswaan Sapruni.

Mayor Inf. Sandy Kamidianto, mengatakan pelatihan bela negara dimaksudkan untuk membentuk karakter dan disiplin serta rasa cinta tanah air para mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa, agar kedepanya bisa menjadi penerus yang berkarakter dan disiplin.

Selama pelatihan, para mahasiswa dibekali dengan materi wawasan kebangsaan, cinta tanah air serta digugah untuk bangga memiliki bangsa Indonesaia. "Selain materi kebangsaan para peserta pelatihan juga dilibatkan dalam kegiatan lapangan berupa outbond dimana dalam kegiatan ini mereka dilatih untuk berani bekerja sama serta menghilangkan ego sehingga terbentuk jiwa korsa dan kepemimpinannya, "kata mantan Kasiter Korem 132 Tadulako ini.

Orang nomor satu di Batalion 714/SM ini berharap para mahasiswa yang mengikuti pelatihan bela negara mampu menyuarakan kepada pemuda pemuda Poso lainnya bahwa pemuda punya karakter dan bertanggungjawab akan masa depan bangsa. Selain pelatihan bela negara, kegiatan ini juga menjadi ajang Batalion untuk mendekatkan TNI kepada para mahasiswa. "Kita mau tunjukkan bahwa seperti ini loh TNI, jadi kesan ssangar yang ada dibenak mereka selama ini diharapkan akan hilang setelah mereka melihat langsung kehidupan sehari-hari pada prajurit" kata Mayor Inf. Sandy.

Sementara itu, Rektor Unsimar, Kisman Lantang mengatakan kegiatan bela negara ini akan menjadi agenda rutin Unsimar dan kedepan pada Orbitsmart - penerimaan mahasiswa baru - (red), pelatihan bela negara akan menjadi salah satu kegiatan yang harus diikuti oleh para mahasiswa baru.

Sumber : Radar Poso.