Kesalahan
  • Template untuk tampilan ini tidak tersedia. Silahkan hubungi website Administrator.

Kuliah Umum Mayjen TNI Bambang Haryanto di UNSIMAR

Bertempat di Kampus Universitas Sintuwu Maroso Poso, Selasa (7/4) sekitar 1.800 peserta yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan para undangan mengikuti kuliah umum dengan tema Proxy War yang dibawakan oleh Panglima DIVIF 2 KOSTRAD Mayjen TNI Bambang Haryanto,S.Sos.,M.M. Acara dimulai pukul 09.00 WITA tepat dibuka oleh sambutan Rektor Universitas Sintuwu Maroso, Kisman Lantang, SE.,M.Si. Dalam sambutannya, Kisman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panglima yang telah menyempatkan diri memberikan kuliah umum di UNSIMAR disela-sela kesibukannya di Kota Poso. Selanjutnya sambutan dibawakan oleh Bupati Poso yang diwakili oleh Wakil Bupati T. Samsuri, M.Si yang turut mendukung pelaksanaan kuliah umum ini.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, unsur MUSPIDA Kabupaten Poso, para dosen di lingkungan UNSIMAR, para perwakilan perbankan, para kepala sekolah dan guru serta perwakilan dari beberapa kampus yang ada di Kota Poso. Dalam kuliahnya, Mayjen TNI Bambang Haryanto menjelaskan mengenai proxy war dalam perkembangan dan cara menanggulanginya khususnya bagi kalangan pemuda dan pelajar yang ada di Indonesia. Beliau juga memberikan motivasi dan dorongan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki semangat bela negara dan kecintaan kepada bangsa.

Beliau mengatakan bahwa UNSIMAR adlah melting pot generasi muda sipil dan militer yang secara konsisten diproyeksikan untuk membedah masalah secara akademik dan memikirkan berbagai opsi sebagai solusi atas masalah yang dihadapi bangsa ini (terutama terkait sishaneg dan bela negara). Harapannya agar semua prodi yang ada di UNSIMAR dapat menjadi wahana untuk menyiapkan strategi dan kebijakan pertahanan yang komprehensif, aktual dan membumi, untuk menjawab tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa dan negara kini dan masa depan. Olehnya, beliau menyerukan kepada seluruh peserta yang hadir untuk belajar dan meraih cita-cita agar dapat berbuat lebih banyak.

Di akhir sesi diskusi, beberapa mahasiswa dan pelajar diberikan kesempatan untuk bertanya. Pertanyaan yang diajukan ditanggapi langsung oleh panglima, dan memberikan kejelasan bagi keadaan dan kondisi yang sedang dialami masyarakat di Kota Poso. Mahasiswa yang ada dihadapan saya akan menjadi warrior dalam menghadapi proxy war dan perang apapun juga yang dihadapi bangsa dan negara karena selalu menggunakan akal pikiran, pengetahuan dan hati nurani, katanya menutup sesi kuliah umum ini. (Gs)

> Unduh Materi Kuliah Umum Proxy War .PPT