Bertempat di kampus Unsimar, hari ini (19/8) dilaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Belajar Intelektual Muda (Orbitsmart) Universitas Sintuwu Maroso. Kegiatan ini dihadiri oleh rektor, para wakil rektor, para pejabat dilingkungan unit kerja, fakultas dan program studi. Orbitsmart adalah merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab Universitas untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait. Untuk tahun 2015 ini, Orbitsmar akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 19 s/d 22 Agustus 2015.

Gema lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Unsimar, menandai dimulainya kegiatan Orbitsmart hari pertama. Ketua Panitia pelaksana, Rahimudin Lubaid, SE MM menyampaikan laporan kegiatan. Dalam laporannya, disampaikan jumlah mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016 ini sebanyak 650 orang. Beliau pun menyakinkan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan Universitas dan petunjuk Dirjen Ristek Dikti.

Kegiatan Orbitsmart selanjutnya dibuka secara resmi oleh Rektor Unsimar, Kisman Lantang SE MSi. Dalam sambutannya, rektor menyambut para intelektual muda ini menjadi bagian dari civitas akademika Universitas Sintuwu Maroso. Pada kesempatan ini pula rektor menjelaskan secara singkat mengenai sistem akademik yang berlaku di Unsimar, mulai dari lama studi, ketentuan cuti, akreditasi prodi dan institusi hingga kurikulum yang berlaku. 

"Anda tidak salah pilih. Dari 31 PT di Sulawesi Tengah baru 2 PT yang terakreditasi secara institusi dan Unsimar adalah salah satunya. Dari sekitar 300 PT di Kopertis IX Sulawesi, baru sekitar 21 PT yang terakreditasi secara institusi dan Unsimar pun adalah salah satunya" kata Kisman, yang disambut tepuk tangan meriah oleh para mahasiswa baru dan undangan yang hadir.

Rektor menutup sambutannya dengan pesan kepada para mahasiswa baru, agar dapat belajar dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menyelesaikan studi tepat waktu. (Gs)