Sebanyak 635 wisudawan dan wisudawati resmi dikukuhkan oleh Rektor Universitas Sintuwu Maroso Poso Kisman Lantang,SE,M.Si dalam Dies Natalis XXX Wisuda Sarjana XXIII di Lapangan Futsal Gedung Olahraga Poso, Selasa 11 Oktober 2016.
Dari enam fakultas di kampus Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso yang diwisuda terdiri dari Fakultas Pertanian Program Studi (Prodi) Agroteknologi 27 orang dan Prodi Peternakan 15 orang, Fakultas KIP Prodi Pendidikan Biologi 148 orang dan Bahasa Inggris 56 orang, Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 182 orang, Fakultas Tehnik Prodi Tehnik Sipil 66 orang, Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum 62 orang, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 79 orang.
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang hadir dalam pelaksanaan wisuda ini dalam sambutannya, mengatakan rasa bangganya selaku pemerintah daerah kepada para wisudawan wisudawati yang telah menyelesaikan studi pendidikannya di Universitas Sintuwu Maroso Poso. Yang mana dalam penerapan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang telah diperoleh selama mengeyam pendidikan di kampus, tidak hanya dapat mempercepat karier para wisudawan dan wisudawati. “Yang terpenting bagi para wisudawan dan wisudawati adalah dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi daerah ini.” pesan bupati.
Dengan berpredikat sebagai seorang sarjana, dikatakan bupati, bahwa hal yang paling utama adalah bagaimana kita dapat mempertangggungjawabkan baik secara akademik maupun mengimplementasikannya kedepan ketika kita berbaur dengan masyarakat. Karena dimata masyarakat seorang sarjana memiliki kemampuan yang lebih, berwawasan ilmiah, kritis dan inovatif serta penuh kreatifitas sehingga mampu menjawab tantangan jaman yang semakin kompetitif dalam kehidupan ini. “Marilah bersama-sama kita membangun dan memajukan daerah ini, serta mendukung program visi-misi pemerintah daerah,” ajak Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.
Pada pelaksanaan wisuda sarjana yang turut dihadiri Koordinator Kopertis wilayah IX Sulawesi diwakili Kabid Akademik dan Ketenagaan Ichasan Kasnul Farabi,S.Sos,M.Si, serta Ketua Yayasan Pendidikan Unsimar Poso Drs. Sin Songgo,MM, terdapat lulusan terbaik predikat Cumlaude yaitu, Evi Marianti (IPK 3,84 Prodi Agroteknologi), Nover CH.Kedoa (IPK 3,52 Prodi Peternakan), Yeni Lestari (IPK 3,82 Prodi Biologi), Abd.Rasyid Hakim (IPK 3,93), Kristin Linda Kaitu (IPK 3,80 Prodi Manajemen), Tilvanty F.Ntore (IPK 3,73 Prodi Teknik), Satrio Partosuwito (IPK 3,75 Prodi Hukum), dan lulusan terbaik secara keseluruhan Imran Sanusi (IPK 4,00 Prodi Ilmu Administrrasi Negara) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Dalam pelaksanaan dies natalis wisuda ini juga DR. Meria Tirsa Gundo,S.Si,M.Si menyampaikan orasi ilmiahnya dengan tema ‘Pemanfaatan Berkelanjutan Potensi Sumber Daya Ikan Endemik dan Ikan Asli Ekosistem Danau Poso Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Poso