Dalam mewujudkan visi Universitas Sintuwu Maroso yaitu menjadi Institusi Pendidikan Tinggi yang Unggul dan Berdaya Saing, Unsimar melalui event internasional PICKS 2017 menjalin kerjasama dengan 97 Intitusi Pendidikan Tinggi dalam Negeri dan 7 Institusi Luar Negeri dibidang pengembangan sumber daya manusia, penelitian, publikasi artikel dan pengabdian pada masyarakat. PICS 2017 atau “Piksi International Conference on Knowledge and Sciences 2017" merupakan even internasional yang ke tiga kalinya diselenggarakan oleh SEAMOLEC and Academic International Consortium of Indonesia (AIC Indonesia) bekerjasama dengan Politeknik Piksi Ganesha Bandung.

Sebanyak 98 Intitusi Pendidikan Tinggi di Indonesia mengirim delegasi untuk mengikuti event ini. Universitas Sintuwu Maroso diwakili oleh Rektor, Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, dan Dekan Fak Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan yang diselenggarakan selama 26-28 Januari di Grand Asrilia Hotel Bandung ini turut hadir pula lembaga-lembaga luar negeri yang menjadi mitra Unsimar diantaranya, MITT Canada yang diwakili oleh Mr. Seon Khoo, Human Academy Japan yang diwakili oleh Mr. Tatsumi Tanaka, SEAMOLEC yang diwakili oleh Dr.rer.nat. AB.Susanto, M.Sc, Xavier University Bhubaneswar yang diwakili oleh Prof. Basanta Kumar, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia yang diwakili oleh Prof Dr. Yusri bin Yusof dan Universiti Utara Malaysia yang diwakili oleh Prof Dr. Ismail Lebay, M.Sc.

Event ini dihadiri sekitar 1.500 partisipan dari seluruh wilayah Indonesia, yang tergabung dalam Academic International Consortium of Indonesia (AIC Indonesia). Adapun tujuan utama dari diselenggarakannya kegiatan ini diantaranya : 1) Menjalin kerjasama antar intitusi pendidikan tinggi, 2) Membangun informasi dan komunitas belajar diluar negeri, 3) Membangun kolaborasi dengan seluruh universitas, 4) Membangun kolaborasi penelitian dan publikasi jurnal internasional.

Rektor Unsimar, Kisman Lantang, S.E.,M.Si. menyambut baik penandatangan MoU yang telah dilakukan, dan berharap dapat segera merealisasikannya dalam bentuk-bentuk kerjasama tridarma perguruan tinggi untuk Unsimar yang lebih maju dan berdaya saing.