Ketua Tim Bimtek Kearsipan FISIP Unsimar, Sapruni, M.Si menyampaikan materi pelatihan

Dalam rangka menunjang peningkatan kualitas pembelajaran melalui Tridarma perguruan tinggi, meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan satu kesatuan dan harus dilaksanakan oleh insan akademisi di UNSIMAR, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) bersama Tim PKM FISIP Unsimar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penataan arsip dan peningkatan tata kelola pemerintahan desa selama dua hari di Kecamatan Lore Timur (Desa Maholo) dan Kecamatan Lore Utara (Desa Wuasa) pada hari Kamis-Jumat (16-17/2) yang lalu.

Pada tim Penataan Arsip, Tim PKM FISIP Unsimar diketuai oleh Sapruni, M.Si. dan didampingi anggota tim diantaranya Sapruni, M.Si., Karmila Akib, M.Si., Rilfayanti, M.A., dan mendatangkan Tenaga Ahli Pemda Kab Poso, yaitu Kabid Data dan Status Kepegawaian, Adriani Ramadhan, S.Sos.,M.AP., yang sekaligus merupakan tenaga dosen LB FISIP Unsimar.

Kegiatan yang diselenggarakan di balai Desa Wuasa dan Maholo ini, dihadiri sebanyak 50 orang perangkat desa (Sekdes, Kaur) dari 9 desa di dua kecamatan tersebut."Penyelenggaraan bimtek ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada perangkat desa bagaimana prosesedur penataan arsip desa karena selama ini tidak tertata dengan baik," tutur salah satu Tim Bimtek, Karmila Akib, M.Si. yang juga adalah Wakil Dekan I FISIP Unsimar.


Sedangkan kegiatan PKM lainnya, bertujuan untuk memberikan penguatan kapasitas pemerintah desa serta memperjelas tupoksinya dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa. Anggota tim ini diantaranya, Suwardhi Pantih, M.M, Herlan Lagantondo, M.Si, Khalid Pandipa, M.Si dan Galib Lahada, M.Si.

Program pengabdian pada masyarakat ini dilakukan secara konsisten oleh UNSIMAR dengan mengalokasikan minimal 48 pengabdian setiap tahun. Fakta menunjukkan bahwa dosen-dosen yang aktif melaksanakan penelitian dan pengabdian telah mengintegrasikan temuan-temuan risetnya sebagai dasar dalam melaksanakan pembelajaran, baik pada penelitian dasar (fundamental), maupun penelitian-penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. (Gs)