Universitas Sintuwu Maroso dalam menyelenggarakan pendidikannya senantiasa mengutamakan kualitas proses pembelajaran dengan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan. Salah satu bentuk komitmen Unsimar tersebut dituangkan dalam bentuk kerjasama kelembagaan antara Unsimar dengan Cambridge English Language Assessment yang merupakan bagian dari University of Cambridge. Cambridge English Assessment mengembangkan dan menyusun berbagai kualifikasi terbaik untuk pelajar dan guru bahasa Inggris di seluruh dunia. Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan di Makassar pada tanggal 14 Februari 2017 yang lalu.

Kisman Lantang, M.Si selaku rektor Unsimar menjadi perwakilan pihak kedua dan Mr Sirajuddin Tenri selaku Director of Cambridge English Language Center menjadi perwakilan pihak pertama. Penandatangan ini pula disaksikan langsung oleh Prof. Andi Niartiningsih selaku Koordinator Kopertis IX Sulawesi. Kerjasama yang dilakukan selama lima tahun ini dilakukan dengan 12 perguruan tinggi di Kopertis IX, untuk wilayah Sulawesi Tengah hanya terdapat 4 Perguruan Tinggi.


Ditemui di ruang kerjanya, rektor Unsimar menyatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan, dosen dan tenaga kependidikan Unsimar khususnya kemampuan bahasa inggris. "Unsimar akan menyediakan ruangan sebagai tempat perwakilan Cambridge, yang nantinya akan berfungsi sebagai lembaga bahasa, selain itu Unsimar juga akan menyediakan ruangan pelaksanaan ujian", tutur rektor.

"Sertifikat ini nanti menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah, yang digunakan bila alumni kita melanjutkan studi maupun melamar kerja. Surat Keterangan atau Sertifikat ini nantinya diakui oleh lembaga/perguruan tinggi internasional, imbuh rektor yang sekaligus adalah dosen Fakultas Ekonomi ini.

Adapun bentuk kerjasama ini berupa pelaksanaan tes bahasa inggris bagi para mahasiswa dan dosen yang dilakukan di Kampus Unsimar. Jenis tes yang akan diberikan bagi mahasiswa dalam bentuk Preliminary English Test (PET), equivalent IELTS 5,0-6,0/TOEFL 450-550. Sedangkan bagi dosen dan tenaga kependidikan adalah First Certificate English (FCE), equivalent IELTS 6.0-7.0/TOEFL 550-600.

Seperti diketahui bahwa Unsimar memiliki penciri institusi yaitu lulusan yang mampu berbahasa Inggris. Oleh karena itu, Unsimar terus berupaya mewujudkan visi tersebut dalam bentuk penyelenggaraan kurikulum pendidikan yang disesuaikan, kerjasama-kerjasama maupun proses pembelajaran lainnya. (Gs)