Dalam upaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia (pustakawan) di lingkungan Universitas Sintuwu Maroso, serta persiapan penggunaan sistem informasi perpustakaan daring, Perpustakaan Pusat Unsimar mengadadakan Sosialisasi Jabatan Pustakawan dan Bimtek Otomasi Perpustakaan. Kegiatan yang dilakukan atas kerjasama dengan Universitas Tadulako ini dilaksanakan selama dua hari bertempat di ruang rapat senat universitas pada hari Rabu (28/2) hingga Kamis (1/3). Hadir sebagai narasumber, kepala perpustakaan Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, H. Saharuddin, M.Si, dan tenaga ahli Joko Santoso, S.I.Pust, pustakawan Fakultas Hukum Universitas Tadulako.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka langsung oleh Rektor Unsimar dan dihadiri oleh Wakil Rektor II dan III. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 22 orang yang berasal dari lingkungan Universitas Sintuwu Maroso maupun dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Poso. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi meliputi, pengantar jabatan fungsional pustakawan, tugas pokok pustakawan, jenjang jabatan pustakawan, dan perhitungan angka kredit pustakawan. Pada kegiatan bimtek otomasi perpustakaan, narasumber memaparkan paparan mengenai Senayan Library Management System, serta prosedur pengolahan koleksi perpustakaan hingga proses pelaporan.

Peserta yang hadir tampak antusiasi mengikuti kegiatan ini. Disamping mendengarkan pengarahan, para peserta juga dipandu secara langsung untuk menggunakan sistem aplikasi SliMs yang dimiliki perpustakaan pusat Unsimar. Wakil Rektor II, Sapruni, M.Si berharap kiranya dengan pelaksanaan kegiatan ini perpustakaan pusat Unsimar maupun perpustakaan fakultas dapat segera mengimplementasikan sistem informasi katalog daring guna menunjang proses pelayanan akademik di Kampus Unsimar. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat bagi para narasumber dan peserta oleh Rektor Unsimar. (Gs)