Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso menerima kunjungan dari Bank Indonesia dalam rangka Kuliah Umum Kebanksentralan dan Sosialisasi Ciri-Ciri Keaslian Rupiah pada Jumat (7/4) di Aula Fakultas Ekonomi Kampus Unsimar, Poso.

Kunjungan ini disambut oleh Rektor Unsimar Kisman Lantang, S.E.,M.Si, dan Dekan Fakultas Ekonomi, Serlia Lamandasa, S.E.,M.Si. Turut hadir pula para wakil rektor dan para dekan di lingkungan Unsimar, serta para mahasiswa yang mengkuti serangkaian acara ini.



Hadir sebagai narasumber, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak Miyono menyampaikan sesi kuliah umum dihadapan sekitar 250 peserta. Dalam pemaparannya, Bapak Miyono menjelaskan tentang perkembangan kelembagaan bank sentral; perkembangan bank sentral di beberapa negara; tujuan, fungsi dan kelembagaan Bank Indonesia; hubungan kelembagaan Bank Indonesia; dan tata kelola Bank Indonesia.



Selanjutnya dipaparkan pula mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah yang mudah dikenali oleh masyarakat berupa unsur pengaman yang tertanam pada bahan uang dan teknik cetak yang digunakan. Selengkapnya tentang Ciri Khusus Keaslian Uang Rupiah dapat dilihat disini.


Kegiatan ini pula sekaligus dijadikan moment penyerahan hibah dari Bank Indonesia untuk Universitas Sintuwu Maroso berupa satu unit mobil. Rektor Unsimar menyambut baik kegiatan ini dan berterima kasih atas pemberian hibah ini. Harapannya kedepan, Universitas Sintuwu Maroso akan tetap menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia.