Program Studi Teknik Sipil Universitas Sintuwu Maroso telah sah mengantongi akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan No. 3345/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017. Peringkat akreditasi ini membuat tidak hanya pengelola Fakultas Teknik, melainkan seluruh civitas akademika Universitas Sintuwu Maroso merasa lega dan bangga, karena status Program Studi Teknik Sipil Unsimar kini telah sejajar dengan program studi teknik ternama di Indonesia.

Keluarnya akreditasi program studi ini menjamin kepada para mahasiswa Fakultas Tenik agar tidak khawatir menyelesaikan studi di Fakultas Teknik Unsimar. Para alumni FT Unsimar nanti dapat mengaikuti proses seleksi yang dijamin pemerintah seperti CPNS dan lain sebagainya. Ini adalah tolok ukur dalam memilih perguruan tinggi yang brkualitas. Keberhasilan yang telah diraih FT Unsimar merupakan bagian yang tidak terlepas dari Visi dan Misi Universitas Sintuwu Maroso dibawah pimpinan Rektor Kisman Lantang, S.E.,M.Si. yakni Terwujudnya Unsimar sebagai Perguruan Tinggi yang berdaya saing Nasional dan bermartabat pada tahun 2031. 

Prestasi ini adalah bukti nyata komitmen tinggi Fakultas Teknik Unsimar dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas serta berdaya saing nasional. Oleh karena itu, dosen dengan kualifikasi doktoral senantiasa ditingkatkan serta kurikulum dan fasilitas laboratorium terus ditingkatkan sesuai dengan tuntutan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Saat ini terdapat dua orang dosen tetap Fakultas Teknik yang menempuh studi lanjut pada program doktor yakni David S.V.L. Bangguna, S.T.,M.T. pada program doktoral Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, dan Marthen M. Tangkeallo, S.T.,M.T. pada program doktoral Teknik Sipil Universitas Hasannudin.

Dekan Fakultas Teknik Unsimar, Ebelhart O. Pandoyu, S.T.,M.Eng, memberikan apresiasi yang tinggi bagi seluruh tim dosen dan staf dilingkungan Fakultas Teknik, serta kepada pihak Pimpinan Universitas dan Yayasan atas dukungan yang diberikan bagi Program Studi Teknik Sipil sehingga prestasi yang membanggakan ini dapat diraih. Kedepan, Fakultas Teknik Unsimar berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan bagi seluruh civitas akademika Fakultas Teknik Unsimar.