Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso kembali meluluskan 542 wisudawan angkatan ke-24 dan dies natalis ke-31 tahun 2017. Kegiatan dilangsungkan di Lapangan Futsal GOR Puselemba mulai pukul 09.00 wita (31/10/17). Rincian jumlah wisudawam hari ini yakni Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi 25 Orang, Prodi Peternakan 19 Orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Biologi 79 Orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 25 Orang, Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 189 Orang, Fakultas Teknik Prodi Teknik Sipil 61 Orang, Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum 63 Orang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Adm. Negara 81 Orang. Dengan demikian lulusan Universitas Sintuwu Maroso secara keseluruhan, mulai wisuda pertama sampai dengan wisuda XXIII hari ini sebanyak 5.546 orang. sedangkan jumlah mahasiswa aktif sampai dengan tahun akademik 2017/2018 sebanyak 2.586 orang.

Untuk kelulusan ke-24 ini, Unsimar kembali melahirkan delapan wisudawan terbaik dengan IPK tertinggi diberikan piagam penghargaan oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Rektor Unsimar Kisman Lantang, SE, M.SI dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) yakni dari Fakultas Pertanian Ferawati IPK 3,93 program studi agroteknologi, Aprilman Tarakolo IPK 3,69 program studi peternakan, Fakultas Ekonomi Usman IPK 3,81 program studi manajemen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ami Mulyani IPK 3,92 program studi pendidikan biologi, Nurlianti Malusi IPK 3,90 program studi bahasa inggris, Fakultas Tehnik Mirnawaty Ratta IPK 3,91 program studi tehnik sipil, Fakultas Hukum Hendra Sakti IPK 3,81 program studi ilmu hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Fiantri Mowidu IPK 3,92 program studi ilmu administrasi negara.

Rektor Unsimar Kisman Lantang, SE, M.Si kembali menaruh pesan, kiranya menjadi seorang sarjana yang bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi semata, melainkan juga memiliki karakter dan bermartabat, jadilah sarjana yang tidak sombong, angkuh, dan takabur dengan kesarjanaannya, akan tetapi perbanyaklah bersyukur dan bersujud dihadapan Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa), karena sesungguhnya ilmu yang anda peroleh amatlah sedikit dibandingkan dengan ilmu Allah SWT. Ingat bahwa, diatas langit masih ada langit lagi. karena itu sekali lagi saya ingin pesankan janganlah angkuh dan sombong terutama dihadapan orangtua ananda, karena sekalipun mereka tak pernah mengenyam pendidikan tinggi formal, tetapi mereka memiliki pengalaman yang sangat berharga dan patut diteladani.

Sementara Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso Putra Botilangi, SE, M.Si mengatakan, untuk peningkatan kualitas para dosen pengajar saat ini Universitas Sintuwu Maroso sedang menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di indonesia dan perguruan tinggi luar negeri dengan kerja sama ini diharapkan akan menunjang kegiatan akademik serta menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. kerjasama yang dilakukan diantaranya cambridge english language assassment, part of the university of cambridge uk dan beberapa univeritas lainnya. 
Putra Botilangi juga katakan, Unsimar sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Sulawesi khususnya di Sulawesi Tengah yang hadir sejak tahun 1986 telah banyak melahirkan sarjana-sarjana dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan alhamdulillah, sebagian besar dari lulusan tersebut sudah banyak yang sukses berkarir baik di kantor pemerintahan maupun di kantor swasta dengan level top pimpinan, midle pimpinan dan karyawan-karyawati yang memiliki dedikasi serta integritas yang tinggi terhadap nusa dan bangsa.

Ditempat yang sama Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof. Andi Niartiningsih, MP katakan, ini pertama kali saya berada ditengah tengah para wisudawan wisudawati sintuwu maroso saya sudah kurang lebih 4 tahun saya berada di kopertis wilayah 9 sulawesi, kali ini sangat luar biasa, rasa penghargaan kami sampaikan kepada 542 wisaudawan wisudawati sesuai dengan bidang studi masing, semoga kedepan para lulusan wisudawan wisudawati dapat membanggakan kepada kita semua ,lebih luas lagi dapat membanggakan tana poso, 542 wisudawan wisudawati nantinya mungkin ada yang menjadi gubernur,bupati,bahkan menjadi menteri.
Saya juga ingin menyapa kepada orang tua dalam berperan untuk mencapai keberhasilan anak anaknya, kita harapakan doa yang tulus dari para orang tua sehingga kedepan putra putrinya dapat berhasil dan cita-citanya dan dapat memeberikan yang terbaik kepada tana poso, bangsa dan negara kita.

Sementara Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengatakan Suasana sukacita bangga dan bercampur haru menyelimuti perasaan kita semua khususnya para wisudawan dan pendampingnya karena secercah harapan masa depan yang cemerlang kini dalam genggaman para sarjana untuk meraih kesuksesan untuk diri sendiri keluarga masyarakat bangsa dan negara serta daerah tercinta. Sukses studi yang diraih pada hari ini bukanlah berarti puncak dari prestasi yang dicapai akan tetapi sukses hari ini merupakan tahapan sukses berikutnya yang sangat ditentukan oleh kesadaran eksistensi kita sebagai manusia terpelajar dan terdidik yang siap mengabdikan diri mengembang amanah untuk kesejahteraan bangsa dan negara serta daerah asal masing-masing wisudawan.
Disamping itu Darmin Agustinus Sigilipu juga katakan, sebagai orang yang berpendidikan akademik juga berkewajiban secara persuasif untuk memberikan pendekatan kepada masyarakat atas nama Pancasila dikemukakan sejumlah wisudawan dan wisudawati sebagian-sebagian diantara kalian kualitas kerja yang mencerminkan profesionalisme bukan justru sebaliknya sarjana hanya sekedar dimanfaatkan untuk perbaikan nasib sebagai pegawai negeri ke jenjang yang lebih tinggi tetapi pada kenyataannya tidak dapat berbuat apa-apa.

Diakhir sambutannya Darmin Agustinus Sigilipu mengingatkan bahwa satu minggu kedepan ada kegiatan sangat penting yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah, satu event yaitu Tour de Central Celebes (TdCC) yang dilaksanakan di 5 kabupaten yang ada di Prov. Sulawesi Tengah yang nantinya dimulai dari Kab. Tojo Una-Una Ampana kemudian finishnya di Kota Tentena di wilayah atau lokasi Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) kemudian dari kota Poso menuju ke Kabupaten Parigi Moutong yang rencananya pelaksanaannya dilaksanakan pada tanggal 6 - 8 November 2017.
Besar harapan saya ungkap Bupati Poso Darmin Agustinus Sugilipu, bersama dengan Bapak Gubernur Prov. Sulawesi Tengah untuk mendapat dukungan dari semua pihak baik itu masyarakat khususnya para mahasiswa Universitas Sintuwu Maroso dalam kegiatan ini ada dua event tambahan yang kami rancang dan juga sudah mendapat dukungan penuh dari mitra kerja pemerintah daerah yaitu DPRD Kabupaten Poso kita akan melaksanakan kegiatan FPDTP juga dilaksanakan pada tanggal 5 - 6 November 2017.

Siswa atau saudara-saudara kita yang pernah tinggal di Poso untuk melaksanakan Reuni Akbar di tanah Poso bagi mereka yang pernah tinggal di Poso yang pernah sekolah di Poso mulai tingkat TK SD SMP SMA pernah kuliah di Poso kita akan melaksanakan suatu kegiatan Reuni Akbar yaitu pada tanggal 4 dan tanggal 5 Untuk itu saya berharap Mari bersama-sama kita sukseskan karena event internasional ini yang pertama kali dilaksanakan di provinsi Sulawesi Tengah dan ini bisa membawa nama baik khususnya Kabupaten Poso di mata dunia.

Sumber : http://posokab.go.id/baruga/baruga/pendidikan/2487-wisuda-sarjana-angkatan-ke-24-dan-dies-natalis-ke-31-unsimar-tahun-2017