Menghadapi era persaingan global serta dalam rangka penguatan penciri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Pusat Inkubasi Bisnis dan Usaha Kecil (PINBUK) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Workshop Kewirausahaan dengan tema : "Menciptakan Pengusaha, Membangun Negeri!". Acara yang berlangsung pada 15 Februari 2018 ini diselenggarakan di Unsimar Senate Meeting Room dan dihadiri 25 peserta para dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi Unsimar dan perwakilan dari Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Tentena.

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor Unsimar, Kisman Lantang, S.E.,M.Si. ini diisi narasumber Dr. Eko Jokolelono, S.E..,M.Si. perwakilan PINBUK Sulteng, dan Dr. Mahfud, M.Pd, Direktur Restoran Darisa Palu yang juga sekaligus dosen Universitas Tadulako. Kegiatan yang dibagi menjadi 2 sesi ini dipandu oleh moderator Lefrand Mango, S.E.,M.Si, dosen Fakultas Ekonomi Unsimar. Pada sesi pertama yang dibawakan oleh Dr. Eko, dibukakan mengenai pembangunan bangsa melalui desa. Beliau yang merupakan pakar Ekonomi Pedesaan ini menguraikan potensi yang dimiliki berbagai kabupaten di Sulawesi Tengah termasuk pula Kabupaten Poso. Dalam paparannya pula, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako ini menyampaikan pula strategi-strategi serta kiat-kiat yang dapat ditempuh para peserta untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan potensi lokal yang masih sangat besar di daerah Sulawesi Tengah.

Pada sesi kedua yang dibawakan Dr. Mahfud, beliau menyampaikan materi mengenai pengembangan jiwa kewirausahaan. Selain menyampaikan materi workshop, beliau juga sharing pengalaman berbisnis kepada para peserta untuk membangun dan menstimulus semangat para dosen untuk menjadi fasilitator bagi para mahasiswa menjadi pengusaha-pengusaha baru. Antusiasme para peserta sangat tinggi dengan dibukanya beberapa sesi diskusi. 

Dekan Fakultas Ekonomi, Serlia R. Lamandasa, S.E.,M.Si., menyambut baik pelaksanaan kegiatan workshop ini dan berharap agar kerjasama yang telah dibangun dapat terus berlanjut tidak hanya pada pelaksanaan workshop bagi para dosen namun juga pada bentuk-bentuk kerjasama lain yang dapat melibatkan mahasiswa. Lebih lanjut Rektor Unsimar, Kisman Lantang, S.E.,M.Si, menyampaikan apresiasinya kepada para panitia yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan ini, juga kepada para dosen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Tentena yang telah ikut serta hadir pada acara tersebut.