Bertempat di Kampus Universitas Sintuwu Maroso, Rabu (9/5) digelar serangkaian acara Silahturahmi Akademik antar Civitas Akademika Universitas Sintuwu Maroso, bersama Pemda Kabupaten Poso, para Kepala Sekolah, Guru-guru, Siswa, Alumni serta Masyarakat dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018. Acara yang dikemas secara Five in One ini pada intinya selain memperingati Hardiknas 2018, namun juga merupakan gelaran syukuran atas diraihnya Predikat Akreditasi B secara institusi, Akreditasi Seluruh Prodi dilingkungan Unsimar dengan Predikat B, Temu Stakehoder dan Alumni, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui kesempatan kepada para pengusaha-pengusaha kecil yang bergerak di layanan makanan untuk berjualan di lingkungan kampus dengan membagikan kupon makanan kepada seluruh tamu/undangan yang hadir, serta Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 800 orang tamu/undangan ini turut dihadiri pula oleh seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso bersama Danyon 714/SM, Kaden Brimob dan Komandan Sub Denpom, Pimpinan BUMN/BUMD, para tokoh masyarakat, pihak Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso, para kepala sekolah, para guru/tenaga pendidik se-kota Poso, para Alumni Unsimar, para mahasiswa, serta para siswa se-kota Poso. Dalam acara ini pula, Rektor Unsimar menyerahkan beberapa cenderamata kepada tokoh-tokoh yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan seperti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat, Kepala-Kepala Sekolah se-kota Poso bersaudara.

Dalam sambutannya, Rektor Unsimar Kisman Lantang, S.E.,M.Si. mengungkapkan sejumlah prestasi yang telah berhasil diraih Universitas Sintuwu Maroso hingga saat ini, diantaranya telah diraihnya Predikat Akreditasi B oleh seluruh Program Studi di Lingkungan Unsimar, serta Predikat Akreditasi B Institusi yang berhasil diraih pada 7 November 2017 yang lalu. Selain itu Rektor pula menyampaikan hal-hal penting sehubungan dengan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 serta Prestasi sejumlah Alumni yang telah berhasil didunia kerja baik sebagai pengusaha, pegawai pemerintah maupun yang bekerja disektor swasta.

Dalam sambutan Bupati Poso yang disampaikan oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si menyampaikan bahwa hendaknya momentum ini dijadikan sebagai bentuk refleksi untuk melihat sejauhmana perkembangan pendidikan di Tana Poso yang dapat dikorelasikan dengan peningkatan sendi-sendi kehidupan masyarakat secara komprehensif. Selain itu juga kegiatan silatuhrahmi akademik ini diharapkan dapat memberikan nuansa baru di dalam mengokohkan tali persaudaraan antar sesama warga, baik lingkungan kampus, tenaga pendidik maupun warga masyarakat sehingga secara tidak langsung terjadi interaksi sosial yang memupuk dan menumbuhkan kebersamaan sebagai warga sintuwu maroso yang mencintai perdamaian, keadilan dan kesejahteraan.

Universitas dibangun bukan dengan kekuatan melainkan dengan kepercayaan dan kecepatan untuk bergerak mencapai visi yang besar. Oleh karenanya, bersinergi dengan Pemerintahan Darmin – Samsuri yang berlari kencang menuju pembangunan masyarakat Kabupaten Poso yang damai, adil, sejahtera serta handal dan bermartabat, merupakan cita-cita bersama untuk memajukan Tana Poso dan mensejajarkan diri dengan kabupaten-kabupaten lainnya di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Membangkitkan kembali nama Kabupaten Poso yang harum di mata dunia bersama seluruh komponen yang ada di Bumi Sintuwu Maroso termasuk juga dalam hal ini di lingkungan Perguruan Tinggi hendaknya dapat mencetak kader-kader yang berkompeten untuk dapat bersaing di kancah luar.

Mewakili para Alumni, Markarma Lasimpala, S.P.,M.Si. (Alumni Fakultas Pertanian Unsimar) juga turut mempromosikan keunggulan yang dimiliki oleh alumni Unsimar diantaranya telah mampu bersaing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana pada tingkat magister dan doktoral pada berbagai perguruan tinggi bereputasi di Indonesia.