Rektor Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso, Suwardhi Pantih kembali mengangkat dan melantik 35 pejabat struktural yang ada dilingkup Unsimar untuk masa periode 2019- 2023 mendatang.

Pelantikan tersebut kembali dilakukan untuk mengganti pejabat lama serta mengisi jabatan baru berdasarkan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (OTK) Unsimar yang baru.

Prosesi pelantikan yang berlangsung di aula Hotel Kartika Poso pada Kamis (14/11/2019) tersebut turut disaksikan oleh ketua yayasan pendidikan Sintuwu Maroso, Putra Botilangi Wakil Rektor, anggota DPRD Poso Herlina Laodi, para petinggi fakultas dan lembaga, sivitas akademika Unsimar, serta puluhan tamu undangan.

Ke 36 pejabat struktural yang dilantik tersebut, antara lain enam jabatan dekan fakultas, enam wakil dekan, delapan ketua jurusan, empat pejabat Lembaga Penjamin Mutu (LPM), empat pejabat Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), serta pengangkatan jabatan baru struktur personalia pusat pengkajian, pengembangan, perdamaian ,dan demokrasi (P4D) serta beberapa jabatan struktural di tingkat fakultas.

Rektor Unsimar Poso, Suwardhi Pantih mengatakan pergantian pejabat struktural merupakan bagian dari manajemen organisasi modern yang menuntut dinamika organisasi yang responsif dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Menurutnya, pergantian dan pencabutan jabatan bagi pejabat struktural yang ada di kampus, bukan merupakan kemunduran, karena jabatan yang diterima hanyalah tugas tambahan, dimana tugas utama para dosen yang telah diberikan amanah jabatan pada hakikatnya adalah mengajar.

“Tugas utama dosen adalah mengajar, meneliti, dan melakukan pengabdian pada masyarakat, sementara jabatan struktural itu merupakan tugas tambahan saja, jadi tidak ada istilah naik jabatan atau turun jabatan bagi dosen yang diberi tugas tambahan, ini semua dengan harapan Unsimar Poso kedepan lebih baik,’’ ungkap Suwardhi Pantih atau akrab disapa Wadi.

Rektor Wadi, berharap dalam pemberhentian dan pengangkatan pejabat baru ini hubungan silaturahmi dan kerja sama antar insan akademis kampus tetap terjaga dengan baik, sehingga pihaknya dapat bekerja dan bersama-sama membangun kampus Unsimar menjadi lebih baik dan berkualitas di masa yang akan datang.

Diakuinya, secara professional ,dalam menempatkan seseorang untuk jabatan-jabatan tertentu, tentu banyak hal yang menjadi konsiderasi antara lain kapasitas individu, kebutuhan organisasi, track record serta kemampuan untuk team work.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pejabat-pejabat lama yang diganti, semoga kita semua tetap menjadi bagian tim kerja yang solid,’’ harap Wadi.

Selain mengangkat dan melantik 35 pejabat struktural ,dalam kesempatan tersebut pihak Rektorat Unsimar Poso sekaligus melakukan pengangkatan direktur Pasca Sarjana Universitas Sintuwu Maroso yang dinahkodai oleh Dr. David SVL Bangguna.

Sebelumnya pada pada Kamis 11 Juli 2019 lalu,rektor Unsimar Poso juga telah mengangkat dan melantik empat pejabat Wakil Rektor (Warek) masing-masing Dr. David SVL Bangguna sebagai Warek I bidang akademik dan kemahasiswaan, Ilyas Martunus selaku Warek II bidang perencanaan, pengembangan dan Keuangan, Moh.Irvan Latowale selaku Warek III bidang Kesekretariatan, Humas dan Bantuan Hukum serta Gitit Indra Putra Wacana, Warek IV bidang kerjasama dan Sumber Daya Manusia.

Sumber : METROSULTENG.com