Universitas Sintuwu Maroso (UNSIMAR) Poso kembali mewisuda 657 Sarjana dari berbagai disiplin ilmu di Halaman Kampus Unsimar Poso Selasa, 16/9. Wisuda Sarjana tersebut berlangsung dalam acara Dies Natalis ke-28 dan wisuda ke-21 sehingga sampai saat ini Unsimar telah menelorkan 3615 sarjana yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Penerapan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang diperoleh dari kampus ini tidak hanya mempercepat karier anda tetapi yang lebih penting lagi dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi daerah ini. Predikat sarjana yang saudara sandang pada hari ini  saudara dapat mempertanggungjawabkannya, baik secara akademik maupun implementasinya kedepan ketika berbaur dengan masyarakat. Karena dimata masyarakat menganggap bahwa seorang sarjana memiliki kemampuan lebih, berwawasan ilmiah, kritis dan inovatif serta penuh kreativitas sehingga mampu menjawab tantangan jaman yang semakin kompetitif dalam kehidupan ini” Ungkap  Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang, MM  dalam sambutannya.

Menurut bupati Poso sarjana dengan kemampuan wawasan yang luas sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki akan mudah dalam mencari bahkan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri karena telah ditempa selama kurang lebih empat tahun di bangku kuliah dengan berbagai ilmu pengetahuan tambahan dan keahlian yang telah diajarkan para dosen sehingga sarjana adalah sumber daya manusia yang memiliki nilai plus dan siap pakai. Karenanya bupati meminta kepada para sarjana tersebut untuk menjadi enterprenur sejati yang mampu menciptakan peluang-peluang dan kesempatan.

“Enterprenur bukan saja dimiliki kaum kapitalis yang mempunyai  modal besar, tetapi kalian para wisudawan adalah enterprenur sejati yang mampu mengusahakan sesuatu menjadi layak untuk dijual, menciptakan sesuatu yang ada untuk lebih menghasilkan yang lebih baik. karena itu sarjana dengan kemampuan wawasan ilmiah dan  semangat  yang dimiliki diharapkan senantiasa memiliki sifat-sifat dinamis, kreatif dan inovatif  sehingga  tentunya sarjana dituntut untuk  bertindak  profesionalisme dan totalitas yang  merupakan pilihan terbaik dalam mempersiapkan diri sebagai pelaku pembangunan yang efektif di masa yang akan datang.” Harapnya Bupati Poso.

Orasi Ilmiah disampaikan Doktor Thomas Pandonge dari Unsimar yang mengangkat tema pendidikan. Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Ketua APTISI, Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE, MM, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Ketua Yayasan Unsimar Poso, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pemuda, pers serta para wisudawan bersama pendampingnya

Source:

http://posokab.go.id/baruga/baruga/pendidikan/1960-unsimar-poso-mewisuda-657-sarjana