Setiap tahun Universitas Sintuwu Maroso kedatangan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, terutama kawasan Sulawesi Tengah. Karena itu setiap calon mahasiswa seyogyanya mendapatkan gambaran tentang kehidupan mahasiswa di Poso, terutama berkaitan dengan perencanaan biaya hidup selama mereka menempuh pendidikan di Unsimar.

Makan, di sekitar kampus dan pemondokan mahasiswa banyak dijumpai warung nasi dan kantin mahasiswa. Untuk sekali makan diperlukan sedikitnya Rp. 10.000,-. Bagi mereka yang menginginkan jasa catering (rantangan) perlu menyiapkan dana sekitar Rp.600.000,- sampai dengan Rp.800.000,- per bulan.

Angkutan, tersedia sarana angkutan kampus bagi mahasiswa yang memilih tinggal di luar Kota Poso seperti di Kecamatan Poso Pesisir, dengan tariff Rp. 10.000,- sekali naik. Namun, karena sarana angkutan ini masih relatif terbatas, kebanyakan mahasiswa memilih menggunakan alat transportasi pribadi seperti mobil dan motor untuk datang ke kampus unsimar.

Diktat dan fotokopi, merupakan hal yang harus diperhitungkan oleh mahasiswa. Besarnya biaya untuk itu, sekitar Rp.75.000,- sampai dengan Rp.150.000,- per semester.

Akses Internet, di era teknologi informasi sekarang ini telah menjadi kebutuhan mahasiswa. Untuk mengakses internet mahasiswa di Unsimar dapat menjadi anggota di UPT Lab Komputer. Namun, jika mereka ingin mengakses di luar kampus banyak tersedia warung internet (warnet) dengan tarif sekitar Rp.5.000,- sampai dengan Rp.8.000,- per jam.

Torang #Tunggu di UNSIMAR

Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Pendaftaran:

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran Secara Online atau Manual
  2. Membayar biaya formulir pendaftaran via Bank BRI
  3. Mengonfirmasi Pendaftaran kepada Panitia Seleksi
  4. Pendaftaran diterima dan diaktivasi
  5. Mengikuti Seleksi Masuk sesuai Nomor Pendaftaran

Kelengkapan Pendaftaran setelah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa:

  1. Persyaratan Pendaftaran terdiri dari persyartan administrasi dan persyaratan akademik
  2. Persyaratan administrasi terdiri dari:
  • Memasukan formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap
  • Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK atau diploma lengkap dengan transkrip nilai yang dilegalisasi
  • Fotokopi raport bagi lulusan SMA/MA/SMK
  • Fotokopi nilai ujian nasional bagi lulusan SMA/MA/SMK
  • Pas foto hitam putih ukuran 3X4 (2 Lembar) dan 2X3 (4 Lembar)
  • Dokumen lainnya yang disediakan Panitia Penerimaan

Persyaratan pendaftaran tersebut setelah dinyatakan lulus seleksi masuk

 

Unduh Brosur

Unduh Brosur Mahasiswa Baru

Apa Kata Mereka?

  • Saya bangga menjadi alumni Unsimar karena mendorong saya mampu berkompetisi dilevel Internasional. Almamater saya sebagai alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris saya bawa dalam pertukaran pemimpin muda dunia di Amerika pada tahun 2016, hal ini membutktikan bahwa kualitas pendidikan kita bisa di menglobal tergantung dari bagaimana
    Gunawan, S.Pd. Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2014 (Pekerja Sosial, Alumni YSEALI USA 2016)
  • Alumni Universitas Sintuwu Maroso adalah sumber daya manusia yang berpotensi manjadi pemimpin, bahkan alumni-alumni Unsimar mampu bersaing secara global dalam hal kapasitas dan networking.
    Suwarti Ningsih, S.H. Alumni Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, 2014 (Pekerja Sosial dan Alumni Professional Exchange Program di United State)
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4