Setiap tahun Universitas Sintuwu Maroso kedatangan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, terutama kawasan Sulawesi Tengah. Karena itu setiap calon mahasiswa seyogyanya mendapatkan gambaran tentang kehidupan mahasiswa di Poso, terutama berkaitan dengan perencanaan biaya hidup selama mereka menempuh pendidikan di Unsimar.

Makan, di sekitar kampus dan pemondokan mahasiswa banyak dijumpai warung nasi dan kantin mahasiswa. Untuk sekali makan diperlukan sedikitnya Rp. 10.000,-. Bagi mereka yang menginginkan jasa catering (rantangan) perlu menyiapkan dana sekitar Rp.600.000,- sampai dengan Rp.800.000,- per bulan.

Angkutan, tersedia sarana angkutan kampus bagi mahasiswa yang memilih tinggal di luar Kota Poso seperti di Kecamatan Poso Pesisir, dengan tariff Rp. 10.000,- sekali naik. Namun, karena sarana angkutan ini masih relatif terbatas, kebanyakan mahasiswa memilih menggunakan alat transportasi pribadi seperti mobil dan motor untuk datang ke kampus unsimar.

Diktat dan fotokopi, merupakan hal yang harus diperhitungkan oleh mahasiswa. Besarnya biaya untuk itu, sekitar Rp.75.000,- sampai dengan Rp.150.000,- per semester.

Akses Internet, di era teknologi informasi sekarang ini telah menjadi kebutuhan mahasiswa. Untuk mengakses internet mahasiswa di Unsimar dapat menjadi anggota di UPT Lab Komputer. Namun, jika mereka ingin mengakses di luar kampus banyak tersedia warung internet (warnet) dengan tarif sekitar Rp.5.000,- sampai dengan Rp.8.000,- per jam.