Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, Universitas Sintuwu Maroso melaksanakan proses vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik dan kependidikan. Bertempat di Gedung Rektorat, sejumlah dosen dan staf tampak antusias mengikuti kegiatan vaksinasi ini sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai dan melindungi diri dari Covid-19.

Seprianti O. Konda, S.Sos., Kepala Bagian SDM Unsimar menuturkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam hal ini Dinas Kesehatan. Kegiatan yang semula dijadwalkan berlangsung dua hari (15-16 Maret) mengalami perubahan menjadi 1 hari saja yaitu tanggal 15 Maret, dikarenakan jumlah pelayanan yang tinggi serta instansi yang harus dilayani untuk proses vaksinasi ini.

Dr. Andri Manganta, salah satu dosen yang divaksin menuturkan proses vaksinasi ini sama seperti penyuntikan lain. "Sama sekali tidak berasa, gejala yang dirasakan juga tidak ada, biasa saja", sebutnya.

Sebelum dilaksanakan vaksinasi, terdapat 4 meja pelayanan yang digunakan untuk petugas dalam melakukan pendataan, pemeriksaan (screening) hingga proses administrasi. Setelah vaksinasi dilakukan, observasi selama 30 menit untuk mengantisipasi apabila terjadi kejadian luar biasa.

Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua selanjutnya direncanakan 14 hari yang akan datang pada tanggal 29 Maret 2021.