Poso sebuah Kabupaten di Sulawesi Tengah adalah kota beriklim tropis dan sejuk dengan temperatur antara 20-28°C. Bumi Sintuwu Maroso merupakan sebutan lain dari kota ini karena keindahannya ditambah keramah tamahan penduduknya, sehingga Poso merupakan tempat yang menyenangkan untuk belajar. Di Kota Poso terdapat berbagai macam tempat pariwisata yang menarik, salah satu diantaranya adalah Danau Poso Air di Danau Poso sangat jernih dengan hamparan pasir putih terutama pada bulan Oktober hingga April. Dari sekian banyak Universitas Swasta yang ada di Sulawesi Tengah, Universitas Sintuwu Maroso termasuk Universitas ketiga yang menjadi pilihan generasi muda untuk menimba ilmu.
 
Sejak didirikan yaitu pada tahun 1986, Universitas Sintuwu Maroso telah menghasilkan banyak sarjana yang berkualitas, yang telah mengabdikan ilmunya bagi bangsa dan negara. Universitas Sintuwu Maroso terletak di pusat kota Poso, Jalan P. Timor No. 1, yang merupakan tempat yang sangat strategis dengan berbagai fasilitas pertokoan, pusat perbelanjaan Poso City Mall, rumah makan, tempat olah raga dan sarana angkutan umum yang memadai untuk menjangkau tempat-tempat di Kota Poso serta tempat pemondokan yang ada di sekitar kampus, ditambah suasana dan kondisi yang nyaman untuk belajarDengan area kampus yang terpadu dalam satu area serta memiliki gedung-gedung yang lengkap untuk setiap fakultasnya, disertai sarana dan prasarana yang sangat memadai lainnya, sangatlah mendukung kelancaran proses belajar mengajar di Universitas Sintuwu Maroso. Untuk meningkatkan fasilitas belajar mengajar di Universitas Sintuwu Maroso telah dibangun gedung baru yang berlantai 3.
 
Unsimar dalam menyelenggarakan pendidikannya didukung oleh tenaga pengajar profesional lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Selain itu, tenaga kependidikan yang terampil juga siap mendukung kelancaran kegiatan administrasi akademik di Universitas Sintuwu Maroso. Unsimar senantiasa menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan melalui sistem penjaminan mutu perguruan tinggi yang berkualitas, pembaharuan kurikulum pendidikan secara berkala, serta pelaksanaan kerjasama dengan berbagai institusi terkemuka di dalam dan luar negeri.
 
Saat ini, Unsimar telah menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi dan Lembaga di luar negeri seperti Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Universiti Utara Malaysia, Xavier University Bhubaneswar (XUB), Human Academy Japan, AUG Global Network, Manitoba Institute of Trades and Technology, dan Cambridge Assessment. Selain itu tentu saja Unsimar juga bekerjasama dibidang tridarma pendidikan tinggi dengan perguruan tinggi di Indonesia dan juga lembaga pemerintah dan non pemerintah.
 
Universitas Sintuwu Maroso berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Sampai dengan tahun 2017 telah terdapat enam fakultas dengan delapan program studi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT Indonesia, yaitu: Fakultas Pertanian dengan program studi (S1) Agrioteknologi dan (S1) Ilmu Peternakan, Fakultas Ekonomi dengan program studi (S1) Manajemen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi (S1) Pendidikan Bahasa Inggris dan (S1) Pendidikan Biologi, Fakultas Hukum dengan program studi (S1) Ilmu Hukum, Fakultas Teknik dengan Program Studi (S1) Teknik Sipil, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Program Studi (S1) Ilmu Administrasi Negara. Hal Tersebut semakin menjadikan Universitas Sintuwu Maroso menjadi pilihan yang tepat bagi pelajar untuk belajar.
 
Di dukung dengan tenaga ICT yang profesional, saat ini Unsimar telah menerapkan sistem pendidikan yang terintegrasi dengan teknologi dan informasi. Mahasiswa dapat melakukan proses registrasi akademik melalui Portal Akademik Sintuwu Maroso (SIASIMAR). Portal akademik ini membuat sistem akademik di Unsimar semakin efisien dan efektif bagi seluruh mahasiswa. Tidak sampai disitu saja, untuk mencapai visi Unsimar menjadi Cyber Campus pada tahun 2031, Unsimar juga telah mengembangkan sistem Digital Library yang dapat memudahkan civitas akademika untuk melakukan penelusuran koleksi pustaka secara daring. Publikasi hasil riset dosen juga dipublikasikan melalui portal Jurnal Elektornik sehingga luaran penelitian dapat disebarluaskan kepada masyarakat. Pencapaian dan prestasi luar biasa yang telah dicapai Unsimar hingga saat ini menjadikan Unsimar sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang terbesar di Sulawesi Tengah.
 
WiFi Campus
Universitas Sintuwu Maroso sebagai universitas yang terus mengikut perkembangan Teknologi Informasi terkini telah menyediakan koneksi Internet melalui hotspot-hotspot di lokasi strategis yang sering menjadi tempat berkumpul mahasiswanya. Koneksi Internet gratis maupun prabayar yang disediakan oleh beberapa provider jasa Internet untuk dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa. Dengan tersedianya fasilitas ini, mahasiswa Universitas Sintuwu Maroso dapat melakukan browsing Internet, chatting, atau belajar di mana saja menggunakan Laptop, PDA atau Smart Phone pribadi yang dilengkapi oleh fasilitas WiFi.

Selamat datang di kampus masa depan, dengan dunia tanpa batas untuk menjelajahi dunia maya!

Bergabunglah bersama Kami menjadi Insan Akademis Universitas Sintuwu Maroso! Torang Tunggu di UNSIMAR!

Apa Kata Mereka?

  • Saya bangga menjadi alumni Unsimar karena mendorong saya mampu berkompetisi dilevel Internasional. Almamater saya sebagai alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris saya bawa dalam pertukaran pemimpin muda dunia di Amerika pada tahun 2016, hal ini membutktikan bahwa kualitas pendidikan kita bisa di menglobal tergantung dari bagaimana
    Gunawan, S.Pd. Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2014 (Pekerja Sosial, Alumni YSEALI USA 2016)
  • Alumni Universitas Sintuwu Maroso adalah sumber daya manusia yang berpotensi manjadi pemimpin, bahkan alumni-alumni Unsimar mampu bersaing secara global dalam hal kapasitas dan networking.
    Suwarti Ningsih, S.H. Alumni Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, 2014 (Pekerja Sosial dan Alumni Professional Exchange Program di United State)
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4