Kesalahan
  • Template untuk tampilan ini tidak tersedia. Silahkan hubungi website Administrator.

Ikatan Alumni

Universitas Sintuwu Maroso telah mempunyai himpunan alumni yang disebut dengan Ikatan Alumni (IKA) UNSIMAR selain itu, setiap fakultas juga memiliki organisasi IKA-Fakultas masing-masing. Alumni UNSIMAR telah berkiprah berbagai bidang, instansi swasta maupun negeri dan telah berkontribusi dalam pengembangan jejaring alumni UNSIMAR secara khusus dan pembangunan bangsa secara umum. IKA-UNSIMAR mempunyai beberapa agenda dan aktifitas untuk membantu kemajuan Universitas Sintuwu Maroso dalam beberapa bidang akademik, diantaranya :

1. Sumbangan Dana

Partisipasi alumni dalam mendukung kegiatan mahasiswa seperti seminar ilmiah, workshop, pelatihan LDK dan LKMM, pengembangan minat dan bakat, pelatihan kewirausahaan, dan kegiatan olah raga diberikan dalam bentuk bantuan pendanaan dan rekomendasi kepada setiap alumni         Unsimar Poso yang telah berhasil.

2. Sumbangan Fasilitas

Ikatan Alumni Unsimar Poso telah berpartisipasi dalam memberi sumbangan fasilitas seperti, TV, AC, LCD, Buku buku teks untuk koleksi perpustakaan

3. Keterlibatan dalam proses pembelajaran

Melibatkan alumni sebagai nara sumber dalam kegiatan pelatihan, seminar, workshop, kuliah umum, serta lokakarya kurikulum

4. Pengembangan Jejaring

Pengembangan jejaring sangat membantu mahasiswa dan lulusan dalam hal mendapatkan informasi lowongan kerja di Kampus Unsimar Poso melalui :

  1. Media Kampus berupa poster, pamplet dan melalui web. www.unsimar.ac.id
  2. Melalui papan informasi kampus
  3. Sosialisasi melalui Ketua Program Studi masing -masing dan lembaga kemahasiswaan.

Janji Alumni

  1. Kami Alumni Universitas Sintuwu Maroso adalah warga negara Republik Indonesia yang Pancasilawan, taat dan setia berbakti kepada Nusa dan Bangsa.
  2. Kami Alumni Universitas Sintuwu Maroso adalah Warga Catur Garba Ilmiah Universitas Sintuwu Maroso yang menjunjung tinggi martabat almamater dalam mengemban keakraban dan tata krama masyarakat ilmiah.
  3. Kami Alumni Universitas Sintuwu Maroso adalah warga masyarakat ilmiah, akan berusaha dengan sungguh-sungguh, berfikir, berbuat dan berkehidupan sesuai dengan martabat dan integritas ilmu pengetahuan.

Moga-moga Allah Tuhan Yang Maha Esa memberi karunia.

 

Pendaftaran Calon

 

Akreditasi

Universitas Sintuwu Maroso telah terakreditasi institusi dengan Peringkat B oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Indonesia (BAN-PT) berdasarkan SK BAN PT No 4272/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017 dan berlaku hingga 7 November 2022.

Saat ini Universitas Sintuwu Maroso memiliki 8 (delapan) program studi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Indonesia (BAN-PT)

Jenjang Program Studi Nomor SK Peringkat Akreditasi Tgl. Daluarsa
S-1 Agroteknologi 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 B 2018-11-22
S-1 Ilmu Administrasi Publik 217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 B 2018-10-26
S-1 Ilmu Hukum 211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 B 2018-10-19
S-1 Manajemen 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 B 2018-11-22
S-1 Pendidikan Bahasa Inggris 3848/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 B 2022-10-17
S-1 Pendidikan Biologi 3697/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 B 2022-10-10
S-1 Peternakan 003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2014 B 2019-01-09
S-1 Teknik Sipil 3345/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017 B 2022-09-12

Sumber : http://ban-pt.kemdiknas.go.id


Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023 / 2024

No. Jenis Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1. Pendaftaran Gelobang 1 27 Februari - 27 Agustus 2023
2. Pendaftaran Gelombang 2 01 Mei - 27 Agustus 2022
3. Seleksi Masuk Gelombang 1 One Day Service
4. Seleksi Masuk Gelombang 2 One Day Service
5. Pengumuman Seleksi Masuk Gelombang 1 One Day Service
6. Pengumuman Seleksi Masuk Gelombang 2 One Day Service
7. Pembayaran Registrasi Gelombang 1 27 Februari - 27 Agustus 2023
8. Pembayaran Registrasi Gelombang 2 01 Mei - 27 Agustus 2022
9. Pelaksanaan Orientasi Mahasiswa Baru Dalam Penjadwalan
10. Kuliah Perdana 30 Agustus 2022

Jadwal Sewaktu-waktu dapat berubah. Update informasi di website penerimaan

Penjaminan Mutu Universitas

Universitas Sintuwu Maroso  dalam, merancang, melaksanakan, dan meningkatkan mutu  SPMI  yang berkelanjutan  didasarkan pada model Kaizen PDCA (Plan, Do, Check, Action). Pusat Penjaminan mutu yang terbentuk tahun 2007 bertugas untuk menyusun standar mutu, merevisi pedoman mutu  yang terdokumentasi, yang pada akhirnya  bertujuan untuk menjaga, serta meningkatkan kualitas kinerja tri darma perguruan tinggi.  

Lembaga penjaminan mutu UNSIMAR telah memiliki manual mutu yang terintegrasi dalam suatu sistem dokumen yang meliputi  7 aspek : (1) pernyataan mutu; (2) kebijakan mutu; (3) unit pelaksana; (4) standar mutu; (5) prosedur mutu; (6) instruksi kerja ;dan (7) pentahapan sasaran mutu.  Dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu dilaksanakan secara bertahap yang dirumuskan dalam bentuk sasaran mutu Perguruan Tinggi meliputi: Mutu Pendidikan dan Pengajaran, Mutu Penelitian dan Mutu Pengabdian kepada Masyarakat.   

Evaluasi dan penilaian mutu dilakukan oleh Tim dari  dosen  yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor UNSIMAR No:070/009/USM.II/PP/XII/2007,  sebagai tim audit mutu internal dibidang akademik,  yang menilai mutu soal-soal ujian, kesesuaian dengan silabus/SAP serta penguji eksternal pada tugas akhir atau skripsi. Penilaian dilakukan secara rutin, akhir semester. Setiap penilaian yang akan dilakukan umpan balik dan ditindak lanjuti. Hasil tracer studi yang dilaksanakan pada beberapa alumni yang telah berhasil memberikan informasi atau saran-saran dalam rangka peningkatan dan pengendalian mutu, khususnya mutu dosen dalam hal proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu lulusan. Mutu tersebut berkaitan dengan mutu dosen adalah  mengikut sertakan dalam pelatihan metode pembelajaran berbasis teknologi, penyusunan bahan ajar, penyusunan satuan acara perkuliahan berorientasi pada student center learning.

UNSIMAR dalam melaksanakan pengelolaan pendidikan senantiasa berorientasi pada peningkatan mutu secara terus menerus dan berkesinambungan (Continuous Quality Improvement). Peningkatan mutu dilakukan dengan selalu menjaga terpeliharanya siklus pengelolaan pendidikan tinggi yang komprehensif dan sesuai dengan harapan stakeholder yang semakin dinamis dengan berbagai kriteria dan prasyarat yang ketat. Keadaan ini pada akhirnya memunculkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan perguruan tinggi berbasis manajemen modern untuk meningkatkan daya saing institusi terutama yang berorientasi pada "Customer Satisfaction" dengan berbagai dimensi mutu. Salah satu langkah strategis yang "dilakukan untuk mewujudkannya adalah melalui pembentukan  gugus kendali mutu ditingkat program studi, unit jaminan mutu ditingkat fakultas, dan  mengubah pusat penjaminan mutu menjadi Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNSIMAR No:070/009/USM.II/PP/XII/2007. Tugas utama unit/ lembaga ini adalah mengembangkan berbagai instrumen sistem manajemen mutu melalui konsep "Peningkatan Mutu Berkelanjutan" (Continous Quality Improvement) dengan fokus perbaikan pada Mutu Akademik, Mutu Manajemen dan Mutu Organisasi.

LPM UNSIMAR  telah mengembangkan berbagai dokumen berupa Manual Mutu, Manual Prosedur dan Instruksi Kerja dengan mengadopsi sistem dokumen penjaminan mutu DIKTI . Adapun manual-manual prosedur yang telah dikembangkan diarahkan untuk memenuhi sebelas standar yang dipersyaratkan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan 7 tujuh standar BAN-PT. Dalam menjalankan fungsinya sebagai pelaksana teknis, LPM akan bertindak sebagai "Management Representative" institusi dalam mengelola dan mengendalikan fungsi-fungsi sistem penjaminan mutu di seluruh unit/satuan kerja dalam lingkungan UNSIMAR. Bentuk pengelolaan dan pengendalian yang dimaksud adalah dengan menjalankan fungsi monitoring dan evaluasi terhadap Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melalui mekanisme Audit Mutu Internal (AMI)untuk memastikan bahwa setiap unit telah menjalankan sistem manajemen mutu berdasarkan visi-misi dan spesifikasi program studinya masing-masing. (DP: Dokumen Rencana Mutu)

Dalam menjalankan sistem penjaminan mutu, maka universitas tetap berpedoman pada dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang meliputi kebijakan mutu, standar mutu, prosedur mutu dan formulir mutu. Dokumen dikembangkan untuk mencapai standar yang ditentukan berdasarkan persyaratan dan kebutuhan stakeholders dan organisasi. Melaksanakan SPMI dengan model manajemen PDCA juga mengharuskan setiap unit dalam institusi bersikap terbuka, kooperatif, dan siap untuk diaudit atau diperiksa oleh tim pemeriksa  yang  telah di bentuk berdasarkan Surat Keputusan oleh  Rektor  UNSIMAR  Poso yang telah mendapat pelatihan khusus tentang audit SPMI. Audit yang dilakukan setiap akhir tahun akademik akan direkam dan dilaporkan kepada pimpinan unit dan institusi, untuk kemudian diambil tindakan tertentu berdasarkan hasil temuan dan rekomendasi dari tim pemeriksa. Semua proses di atas dimaksudkan untuk menjamin bahwa setiap kegiatan penyelenggaraan pendidikan tinggi pada institusi terjamin mutunya, dan bahwa SPMI institusi pun juga selalu dievaluasi untuk menemukan kekuatan dan kelemahannya sehingga dapat dilakukan perubahan ke arah perbaikan secara berkelanjutan. Hasil pelaksanaan SPMI dengan basis model manajemen PDCA adalah kesiapan semua prodi di UNSIMAR Poso untuk mengikuti proses akreditasi atau penjaminan mutu eksternal baik oleh BAN-PT.

Untuk mencapai tujuan SPMI Universitas Sintuwu Maroso Poso tersebut dan juga untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan institusi, maka sicivitas akademika dalam melaksanakan SPMI pada setiap unit kerja selalu berpedoman pada prinsip :

1.    Berorientasi kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal;
2.    Mengutamakan kebenaran
3.    Tanggungjawab sosial
4.    Pengembangan kompetensi personel;
5.    Partisipatif dan kolegial;
6.    Keseragaman metode;
7.    Inovasi, belajar dan perbaikan secara berkelanjutan.

Pada tahap awal implementasi sistem penjaminan mutu terlebih dahulu dilakukan sosialisasi SPMI pada semua unit kerja, dengan tujuan agar dapat memudahkan pelaksanaan standar mutu. Setelah sosialisasi dilakukan kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal melalui kegiatan audit mutu internal yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu. Audit mutu dilakukan untuk mengetahui tingkat kepatuhan setiap unit kerja terhadap konsistensi pelaksanaan standar mutu.

Berdasarkan hasil temuan audit mutu internal, maka dilakukan Rapat Tinjauan Manajemen/Rapat Evaluasi Manajemen (RTM/REM) untuk merumuskan rekomendasi tentang tindakan koreksi dan perbaikan yang harus dilaksanakan oleh auditee. Hasil audit mutu internal yang dilaksanakan oleh universitas diharapkan dapat menjadi dasar Peningkatan Mutu Berkelanjutan (Continuous Quality Improvement) di semua jenjang unit pelaksanaan akademik. SPMI pada Universitas Sintuwu Maroso (UNSIMAR) Poso dirancang, dilaksanakan, dan ditingkatkan mutu secara berkelanjutan dengan berdasarkan pada model kendali mutu Kaizen ; PDCA (Plan, Do, Check, Action).

Biaya Hidup

Setiap tahun Universitas Sintuwu Maroso kedatangan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, terutama kawasan Sulawesi Tengah. Karena itu setiap calon mahasiswa seyogyanya mendapatkan gambaran tentang kehidupan mahasiswa di Poso, terutama berkaitan dengan perencanaan biaya hidup selama mereka menempuh pendidikan di Unsimar.

Makan, di sekitar kampus dan pemondokan mahasiswa banyak dijumpai warung nasi dan kantin mahasiswa. Untuk sekali makan diperlukan sedikitnya Rp. 10.000,-. Bagi mereka yang menginginkan jasa catering (rantangan) perlu menyiapkan dana sekitar Rp.600.000,- sampai dengan Rp.800.000,- per bulan.

Angkutan, tersedia sarana angkutan kampus bagi mahasiswa yang memilih tinggal di luar Kota Poso seperti di Kecamatan Poso Pesisir, dengan tariff Rp. 10.000,- sekali naik. Namun, karena sarana angkutan ini masih relatif terbatas, kebanyakan mahasiswa memilih menggunakan alat transportasi pribadi seperti mobil dan motor untuk datang ke kampus unsimar.

Diktat dan fotokopi, merupakan hal yang harus diperhitungkan oleh mahasiswa. Besarnya biaya untuk itu, sekitar Rp.75.000,- sampai dengan Rp.150.000,- per semester.

Akses Internet, di era teknologi informasi sekarang ini telah menjadi kebutuhan mahasiswa. Untuk mengakses internet mahasiswa di Unsimar dapat menjadi anggota di UPT Lab Komputer. Namun, jika mereka ingin mengakses di luar kampus banyak tersedia warung internet (warnet) dengan tarif sekitar Rp.5.000,- sampai dengan Rp.8.000,- per jam.

Pusat Penelitian

Pelaksanaan Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tingkat Universitas Sintuwu Maroso, dikoordinasikan oleh lembaga khusus, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). LPPM berpedoman pada Renstra Unsimar 2011-2015. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya LPPM berpedoman pada kebijakan yang telah dirumuskan oleh Universitas Sintuwu Maroso melalui persetujuan Senat Universitas Sintuwu Maroso. LPPM Unsimar dipimpin oleh seorang ketua yang dibantu oleh seorang sekretaris, dua orang kepala bidang, dan dua orang staf administrasi pada masing-masing bidang penelitian dan bidang pengabdian kepada masyarakat.

  1. Kebijakan dasar, kegiatan riset dan pengabdian masyarakat telah diarahkan menurut rumpun ilmu, yaitu; Sosial-Budaya, Hukum, Ekonomi, Manajemen, Agrokompleks, Keteknikan, dan Lingkungan Hidup. Selanjutnya untuk tahun 2013-2018 penelitian difokuskan pada empat Bidang Studi, yang  penjabarannya dimuat dalam Rencana Induk Penelitian (RIP). Untuk mendorong percepatan peningkatan kapasitas riset dan pengabdian kepada masyarakat Unsimar, disamping dana mandiri Unsimar, diupayakan pula pendanaan dari sumber-sumber yang lain. Ditlitabmas Ditjen Dikti Depdiknas merupakan sumber pendanaan yang secara kontinyu memberikan penguatan, sehingga pada saat ini Unsimar sedang mengupayakan peningkatan kerja sama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan beberapa Pemerintah Daerah Kabupaten dalam lingkup Provinsi Sulawesi Tengah serta perusahan/industri dalam negeri. Kerjasama ini akan diupayakan secara berkesinambungan dan diatur dalam suatu tata cara penyelenggaraan kemitraan sesuai dengan SK Rektor No. 85/009/USM.II/X/2011
  2. Penanganan plagiarisme, kode etik penelitian telah diatur dalam keputusan  Rektor Unsimar Nomor: SK Rektor No. 65/009/USM.II/IX/2011 tentang Kebijakan Akademik Universitas Sintuwu Maroso. Pengelolaan Paten dan HaKi telah dibuat satu lembaga khusus dibawah LPPM yaitu Pusat Informasi dan Dessiminasi Pedoman Pengusulan dan evaluasi penelitian telah disediakan, baik skim dari Dikti, maupun penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sintuwu Maroso.
  3. Rencana dan pelaksanaan penelitian mencakup agenda tahunan. Sejak tahun 2013, arah penelitian mulai di selaraskan dengan bidang fokus yang ditetapkan dalam RIP LPPM Unsimar. Berdasarkan bidang fokus tersebut, Road Map Penelitian dirumuskan masing-masing program studi. Pelaksanaan yang konsisten pada masing-masing unit kerja tersebut dimonitor dan dievaluasi sesuai SOP yang dikembangkan LPPM.
  4. Peraturan pengusulan proposal penelitian. LPPM telah memiliki SOP yang mengatur pengusulan dan seleksi proposal penelitian. Pada tahap awal tim LPPM bersama dengan tim reviewer yang dibentuk, melakukan rapat untuk menetapkan tema penelitian tahunan yang mengacu pada RIP. Selanjutnya, tema tersebut didesiminasikan kepada fakultas dan prodi agar menyesuaikan usulannya. Proposal yang masuk akan dikompetisikan melalui dua tahap seleksi, yaitu desk evaluation dan seminar. Hanya proposal yang dinyatakan lulus pada kedua tahapan tersebut yang layak untuk didanai. Proposal yang lulus seleksi, pertama-tama diusulkan untuk didanai melalui skim yang tersedia pada Ditlitabmas Ditjen Dikti Depdiknas. Selanjutnya proposal yang ditolak dari Ditlitabmas diminta untuk diperbaiki sesuai saran reviewer untuk diusulkan kembali pada sumber-sumber pendanaan lain termasuk dari dana mandiri Unsimar. Hasil penelitian dilaporkan dalam dua tahap yaitu laporan kemajuan, seminar, dan laporan akhir yang disertai bukti penerbitan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah.

Dalam menjamin keberlanjutan penelitian Unsimar melakukan upaya-upaya sebagai berikut:

  • Memiliki agenda penelitian jangka panjang. LPPM membuat Rencana Induk Penelitian (RIP) yang diikuti dengan kebijakan Unsimar yang mewajibkan semua program studi menyusun Roadmap penelitian jangka panjang mengacu pada RIP dan Renstra Unsimar.
  • Tersedianya SDM, Prasarana dan Sarana. Unsimar memiliki 103 dosen yang terdistribusi pada 6 fakultas 8 program studi. Dengan jumlah sumberdaya manusia tersebut, Unsimar berupaya meningkatkan dukungan prasarana dan sarana berupa pengadaan berbagai jenis peralatan laboratorium, serta pendanaan penelitian yang semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini diperkuat dengan adanya program revitalisasi laboratorium yang telah dilaksanakan pada beberapa fakultas seperti: Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian, dan Teknik. Pengadaan dan pembaruan prasarana dan sarana tersebut mendukung keberlanjutan penelitian dosen di Unsimar.
  • Peran Unsimar dalam membangun jejaring penelitian ditingkat nasional. Penguatan jejaring penelitian diwujudkan melalui upaya Unsimar memanfaatkan skim penelitian, baik pada tingkat lokal maupun nasional, seperti dengan Pemerintah Daerah (Bapeda Kabupaten Poso, Dinas Perindustrian dan Koperasi, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Pendidikan dan Pengajaran), dan Kemendiknas. Diharapkan kedepan akan membangun kerja sama penelitian dengan berbagai pihak pada tingkat nasional dan internasional (dalam proses dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan University Malaya (UM)).
  • Sumber dana penelitian. Universitas memiliki berbagai sumber dana penelitian baik yang berasal dari dana sendiri maupun dari dana hibah kemitraan dengan lembaga lain. Dana mandiri Unsimar untuk penelitian cenderung meningkat setiap tahun. Demikian juga halnya dengan penerimaan jumlah dana hibah kemitraan yang semakin meningkat.

Perpustakaan

UNSIMAR memiliki  perpustakaan induk yang berada di samping gedung rektorat, letaknya yang berada di lingkungan kampus memudahkan aksesibilitas bagi mahasiswa dapat dicapai dengan mudah. Luas perpustakaan pusat seluas 127 m2 . Selain  perpustakaan pusat , disetiap fakultas memiliki pula perpustakaan referensi bagi  mahasiswa di fakultasnya masing-masing.

Aksesibilitas perpustakaan dapat diakses dan dikunjungi oleh seluruh sivitas akademika. Perpustakaan UNSIMAR dilengkapi dengan Sistem katalog bahan pustaka online (http://perpustakaan.unsimar.ac.id),  Layanan perpustakaan online OPAC (Online Public Access Catalogue) dan Jurnal Online yang menggunakan OJS (Open Journal System) Pemanfaatan pustaka di atas terutama untuk menunjang pelaksanaan kegiatan akademik, pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pemanfaatan pustaka di UNSIMAR, baik untuk perpustakaan pusat maupun perpustakaan referensi di masing-masing di fakultas telah dimanfaatkan secara optimal. Waktu pelayanan yang diberikan diperpustakaan pada hari kerja mulai jam 08.00-17.00. Rata-rata kunjungan mahasiswa dan dosen pada perpustakaan pusat sebanyak 1.200 orang per minggu, dan rata-rata peminjam buku perminggu sebanyak 600 orang. Jenis Layanan yang ada Di UPT
Perpustakaan Unsimar adalah sebagai berikut:
1.    Layanan Sirkulasi
2.    Layanan Pengembangan Koleksi (pengadaan Bahan Pustaka)
3.    layanan Pengolahan Bahan Pustaka
4.    Layanan Koleksi Khusus (Karya ILmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi)
5.    Layanan Jurnal Ilmiah, majalah dan Surat Kabar.
6.    Layanan Referensi & Koleksi Cadangan
7.    Layanan Administrasi setiap layanan ini sebagian besar telah dilengkapi dengan SOP.


Untuk meningkatkan usaha pemanfaatan pustaka, maka dilakukan usaha-usaha gerakan cinta perpustakaan yang ditanamkan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa baru  melalui program pengenalan pustaka setiap awal tahun ajaran. Dalam kegiatan ini mahasiswa diberikan pemahaman tentang pentingnya peningkatan pemanfaatan pustaka dalam proses pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Sehingga dengan gerakana cinta perpustakaan ini pihak universitas membuka akses yang seluas-luasnya kepada mahasiswa UNSIMAR untuk mengunjungi perpustakaan melalui kebijakan perbaikan pelayanan dan desain suasana perpustakaan yang lebih nyaman

Pustaka/Koleksi Perpustakaan

No Jenis Pustaka
Jumlah Judul Cetak
Jumlah Judul Elektornik
1. Buku Teks 10.713 6.699
2. Jurnal Nasional Terakreditasi 23  
3. Jurnal Internasional 18  
4. Prosiding 24  
5. Skripsi 3.292 27
6. Tesis 40  
  Jumlah 14.110 6.726

Inovasi Teknologi

Kehadiran teknologi komputer dengan kekuatan prosesnya telah memungkinkan pengembangan sistem informasi manajemen berbasis komputer. Dengan memanfaatkan teknologi komputer, didapat manfaat berupa kemudahan menyimpan, mengorganisasi, dan melakukan pengambilan terhadap berbagai data secara cepat. Di dukung dengan perangkat lunak dan konfigurasi perangkat keras yang tepat, Unsimar terus melakukan pengembangan ICT (information and communication technology) ke arah pencapaian Visi Unsimar yaitu mewujudkan Unsimar sebagai perguruan tinggi yang andal di Sulawesi Tengah. Dengan semangat visi yang dimiliki Unsimar, dikembangkanlah suatu sistem yang terintegrasi untuk menyediakan informasi secara real time yang dibutuhkan oleh segenap civitas akademik Unsimar.

Sistem informasi yang dikembangkan Unsimar dirancang untuk memenuhi kebutuhan akademik yang meninginkan layanan pendidikan terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkan. Di dukung oleh hybrid server yang dimiliki Unsimar, Sistem Informasi Akademik melakukan kegiatan proses administrasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan administrasi akademik, melakukan proses pada transaksi belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa, melakukan proses administrasi akademik baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan biaya yang muncul pada kegiatan registrasi maupun kegiatan operasional harian administrasi akademik serta meliputi manajemen keuangan.  Unsimar berkembang dan meningkatkan fasilitas layanan sistem informasinya, saat ini seluruh komputer di Unsimar telah terhubung ke jaringan internet baik menggunakan kabel maupun nirkabel.

Koneksi jaringan ke 6 fakultas, laboratorium dan perpustakaan menggunakan jaringan kabel yang ditata dengan topologi star maupun menggunakan jaringan nirkabel (wireless). Koneksi internet yang dikembangkan Unsimar saat ini telah menjangkau semua area kampus dengan koneksi internet mencapai 100Mbps.

Dalam rangka menyediakan layanan bagi civitas akademik Unsimar, beberapa sistem layanan dikembangkan menggunakan open source yang dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan Unsimar, diantaranya:
a.    Website UNSIMAR (Content Management System Joomla)
b.    Layanan perpustakaan online yang menggunakan OPAC (Online Public Access Catalogue)
c.    Jurnal Online yang menggunakan OJS (Open Journal System)
d.    Layanan webmail untuk civitas akademik dengan format Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. yang memanfaatkan layanan Google Apps For Edu.
e.    Software yang berlisensi (Sistem Operasi Windows dan MS Office)

Unsimar juga mengembangkan sendiri perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaan dan pelayanannya seperti Sistem Informasi Akademik Sintuwu Maroso (SIASIMAR) yang yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Keuangan.